mantiq-sullamul munauroq

makalah fiqih,tafsir, hadis dll

Minggu, 05 Juni 2011

pengertian ilmu kalam


Ditulis Oleh :Ahmad Faruq Ardianto

  1. Pengertian Ilmu Kalam
Secara etimologi ilmu berarti pengetahuan, kalam berarti perkataan. Dalam perkembangannya, ilmu kalam digunakan sebagai ilmu yang membahas atau membicarakan akidah dalam Islam.
Menurut Syech Muhammad Abduh , Ilmu Kalam adalah ilmu yang membahas tentang wujud Tuhan, sifat-sifat yang harus ada pada-Nya, sifat-sifat yang boleh ada pada-Nya, sifat-sifat yang tidak mungkin ada pada-Nya, membicarakan tentang rasul-rasul, untuk menetapkan keputusan mereka, sifat-sifat yang boleh dipertautkan kepada mereka dan sifat-sifat yang tidak boleh dipertautkan kepada mereka.
Sebutan ilmu kalam yang berdiri sendiri pertama kalinya dipakai pada masa Khalifah Al-Makmun dari Dinasti Abbasiyah pada tahun 218 H, yakni setelah para ulama Mu’tazilah mempelajari kitab-kitab filsafat yang telah diterjemahkan pada waktu itu. Mereka memadukan metodenya dengan metode ilmu kalam. Sebelumnya para ulama menyebutnya dengan Al Fiqhu
sedangkan Imam Abu Hanifah menamakan bukunya tentang kepercayaan agama dengan judul Al Fiqhu Akbar.

  1. Alasan Dinamakan Ilmu kalam
    1. karena persoalan klamulloh merupaka persoalan yang diperdebatkan oleh para ulama pada abad ke-2 dan ke-3 hijriyah, yakni memperdebatkan apakah firman Allah itu  di ciptakan atau tidak, qadim atau hadits.
    2. kaena sebagian ulama dalam menjelaskan dan membela akidah islam dengan menggunakan metode al-kalam, ilmu logika (mantiq) yang biasa digunakan oleh para filosof.
    3. kerena pembicaraan mengenai akidah islam mulai diperdebatkan setelah masa rasulullah dan para sahabat, khulafaurrasidin atau tepatnya pada abad ke-2 H, maka masalah akidah banyak dibongkar dan menjadi bahan perdebatan yang sengit oleh para ulama.
    4. karena yang diperdebatkan adalah masalah yang terbatas pada pembicaraan, bukan pada pengamalan dan perbuatan.
Didalam dunia barat, pembicaraan mengenai akidah islam disebut dengan istilah teologi , sedangkan ilmu yang membicarakan akidah Islam disebut Teologi Islam.

  1. Nama Lain Ilmu Kalam
    1. Ilmu  Tauhid
Ilmu kalam dinamakan Ilmu Tauhid, sebab ruang lingkup pembahasannya berkaitan tentang kepercayaan dan keyakinan terhadap sifat wahdah ( Esa ) bagi Allah, keesaan Allah berpegang kepada ajaran yang dibawakan oleh para rasul-Nya.
    1. Ilmu Akidah
Adalah ilmu yang membahas tentang keyakinan kepada Allah, para rasul, para malaikat, kitab-kitab Allah, hari akhir, dan keyakinan terhadap qadha dan qadar. Dinamakan ilmu akidah karena ilmu ini banyak membicarakan tentang keyakinan (aqidah).
    1. Ilmu Ushuluddin
Ilmu Ushuluddin adalah ilmu yang membicarakan pokok-pokok (dasar-dasar) agama, yaitu keimanan,  dan keimanan merupakan pokok asasi dalam agama Islam.

  1. Fungsi Ilmu Kalam Bagi Umat Islam
    1. Untuk menjelaskan akidah Islam, memperkuat dan membelanya dari bahaya penyimpangan yang tidak sesuai dengan ajaran rasulullah. Para mutakallim yang telah diberi kelebihan oleh Allah berupa kecerdasan berpikir dan kemampuan berbicara untuk menjelaskan akidah Islam agar bisa dipahami secara baik dan benar oleh masyarakat.
    2. Untuk menolak akidah yang sesat, sebab tidak bisa dipungkiri bahwa dalam perjalanan dari masa ke masa, akidah Islam ini apabila tidak dijaga dengan baik maka akan dikontaminasi dengan ajaran-ajaran atau kepercayaan lain yang menyusup atau memang sengaja disusupkan ke dalam Akidah Islamiyah. Untuk itu diperlukan upaya menjaga kemurnian, pemulihan atau pengembalian kepada akidah yang benar seperti yang dilakukan oleh para mutakallim (Ahlussunnah wal Jama’ah).





[1]alam akhirat juga mempunyai langit dan bumi tersendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar